Cara Install Windows 7 di Laptop

Posted: Oktober 2, 2010 in Komputer, Tips & Trik

Laptop keluaran terbaru saat ini telah banyak yang dibundel dengan sistem operasi Windows 7. Dari segi performa dan tampilan Windows 7 memang layak diacungi jempol, belum lagi dengan kemudahan dalam mengoperasikannya. Namun dari segi kompabilitas atau dukungan terhadap software-software lama, Windows 7 seringkali menghadapi kendala dimana software-software lama tidak bisa berjalan dengan mulus bahkan tak bisa dijalankan sama sekali di Windows 7.

Solusi terbaik dari masalah tersebut, mungkin Anda berencana untuk menginstall Windows XP disamping Windows 7 di Laptop Anda atau istilahnya Dual Boot antara Windows 7 dan Windows XP di Laptop Anda. Ada dua cara untuk proses dual boot ini.

Pertama, Anda menginstall dulu Windows XP (misal di drive C) setelah selesai baru Anda menginstall Windows 7 (Drive D). Cara seperti ini memang sangat dianjurkan karena nantinya Anda tidak akan menemukan masalah dalam Bootloader. Anda bisa mengcopy file Instalasi Windows 7 ke Hard Drive dan kemudian melakukan Instalasi Windows 7 langsung dari Windows XP sebagaimana layaknya menginstall program biasa. Anda tenang saja meski Windows 7 menreplace bootloader Windows XP, namun pada saat booting, akan ada dua opsi pilihan yakni Windows 7 atau Earlier Version of Windows (Windows XP)

Kedua, Anda menginstal Windows XP setelah menginstal Windows 7. Dalam kasus ini tentunya saja akan menimbulkan masalah dalam bootloader, dimana Windows XP mereplace Bootloader Windows 7 dan tentunya tidak ada opsi pilihan saat boot karena akan langsung masuk ke Windows XP. Untuk mengatasi masa seperti ini ikuti langkah sederhana di bawah ini.

* Lakukan Repair terhadap Windows 7, boot Laptop Anda menggunakan DVD Instalasi (Flashdisk) Windows 7, ikuti setiap langkah-langkah setelah ada pilihan Install Now (seperti gambar di bawah), Anda jangan mengklik Install Now tapi pilihlah “Repair Your Computer” ikuti langkah selanjutnya sampai selesai.

Setelah Windows 7 anda berhasil di repair, sekarang saatnya booting dan masuk ke Windows 7, setelah itu Anda bisa menggunakan program EasyBCD untuk mengkonfigurasi dan menambahkan boot entry untuk Windows XP dan Windows 7.

Untuk selalu uptodate dengan info terbaru seputar komputer dari blog saya jangan pernah lupa, masukan email Anda di bawah ini atau jadilah Follower Blog Dunianakal di Twitter dan Fans Dunianakal di Facebook.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s